Menulis Puisi dengan Menggunakan Pilihan Kata yang Sesuai

Bagi sebagian orang, banyak hal yang dapat dijadikan inspirasi untuk menciptakan rangkaian kata yang bernilai seni. Termasuk menulis puisi. Mulai dari kisah sedih, senang, baik nyata maupun hanya hayalan dapat menjadi sebuah sumber dalam menyusun puisi yang indah dan penuh arti. Namun bagi sebagian orang, menciptakan puisi merupakan suatu hal yang sulit, karena terbebani dan telah menuntut diri bahwa membuat puisi haruslah bagus, indah, dan disenangi setiap pembaca. Tekanan semacam ini menjadikan seseorang enggan untuk melanjutkan karya puisinya. Bahkan telah putus asa sebelum memulai karyanya.

Sebenarnya menulis puisi tidak sesulit yang dibayangkan. Puisi merupakan ungkapan jiwa seseorang yang dihiasi imajinasi seni dari hati. Setiap orang yang hidup pasti memiliki jiwa, oleh karena itu siapapun dapat merangkai kata menjadi puisi. Tinggal bagaimana seseorang menguraikan isi jiwanya ke dalam rangkaian kata yang puitis, serta tidak lupa memperhatikan keterkaitan dan penataan antar kalimat yang akan ditulis. Sehingga terciptalah susunan kata yang penuh arti tersirat, mengagumkan, dan indah dibaca maupun didengar.

Perhatikanlah contoh puisi singkat berikut!

Mempelai Suci

Kulepas fajar dengan senandung syahdu
Berdebar hati menanti ikatan agung
Aqad telah terlantun
Bulir bening ini telah meretas dalam selendang sakral
Doa suci mengiringi langkahku
Dengan kecupan ikhlas di kening
Kupanjatkan beribu syukur
Kepada Dzat Penguasa Mempelai Cinta

Puisi pendek tersebut saya ciptakan hanya dari kata “Pernikahan” yang kemudian saya kembangkan dengan urutan alur dan keadaan yang sesungguhnya. Pemilihan diksi (pemilihan kata) di atas bertujuan untuk memperindah dan menunjukkan kesan yang luas namun diuraikan dalam beberapa kata yang singkat.

Misalnya pada kata “meretas”, mengapa tidak menggunakan kata mengalir, atau meleleh. Kata “meretas” saya pakai karena mampu menimbulkan kesan yang lebih istimewa untuk menggambarkan kegembiraan sang mempelai putri melalui lelehan air matanya. Sehingga dapat memberikan kesan tersendiri bagi pembaca.

Proses penciptaan puisi yang baik yaitu dengan menempatkan di kita pada suasana yang ingin kita ungkapan melalui puisi tersebut. Hal ini dikarenakan kita seolah-olah merasakan apa yang terkandung di setiap kalimat, sehingga kita mempu membawa pembaca turut serta merasakan isi karya puisi kita.
Menurut saya cukup disini penjelasan mengenai tips sederhana dalam membuat puisi. Semoga tulisan selanjutnya mampu menambah wawasan kita yakni bagi teman-teman yang ingin menjadi seorang penulis. Semoga bermanfaat . . . ^_^

Salam Karya Insani . .!!

0 komentar:

Post a Comment